Semur.. Alternatif Menu Lauk Pauk Di Bulan Ramadhan



Assalamualaikum, apa kabar pembaca blog Ibunarafdan? Semoga senantiasa tercurah dengan nikmat sehat.. Aamiin

Bagaimana kabar puasanya, semoga tetap bersemangat mengejar target ibadah yang sudah ditetapkan sebelumnya yaa (sambil menyemangati diri sendiri).

Kali ini saya mau sharing tentang alternatif menu makanan saat sahur dan berbuka yang mudah untuk disiapkan yaitu "semur". Resep ini saya dapat dari ibu mertua, dengan modifikasi sesuai ketersediaan bahan baku tentunya. Walaupun yang saya buat belum seenak buatan ibu mertua,  tapi saya senang karena bisa memasak sendiri untuk keluarga 😊 (mama dan ibu mertua saya pinter masaknya, kalau saya mah masih belajarrr hehe), yuk kita cekidot resepnya.

Resep:
  1. Ayam 1/2 ekor
  2. Biji pala 1/2 buah
  3. Tahu Sutra 2 buah
  4. Bawang Merah 1.5 sendok*
  5. Bawang Putih 3/4 sendok*
  6. Kecap Manis sesuai selera
  7. Garam dan merica
*saya pakai takaran  stok bumbu yang sudah jadi

Cara Buat:
  1. Cuci bersih Tahu sutra lalu potong sesuai selera (saya potong menjadi 8 bagian). 
  2. Goreng tahu setengah matang, tiriskan. 
  3. Goreng Ayam setengah matang, masukkan bawang merah dan bawang putih, aduk-aduk hingga merata lalu masukkan kecap manis sesuai selera. 
  4. Tambahkan air secukupnya, rebus hingga ayam berubah warna dan lebih empuk, masukkan tahu yang sudah di goreng. 
  5. Tambahkan parutan pala, masak hingga mendidih lalu masukkan merica dan garam. 
  6. Setelah air rebusan berkurang dan ayam empuk matikan api. 
Semur siap dihidangkan..hmm yummy

Lauknya sudah, sekarang sayurnya apa ya???
Selama bulan puasa, saya membuat aneka rebusan sayur saja, karena selain lebih praktis, saya juga tidak ingin memproses sayur terlalu lama agar zat gizi yang terkandung di dalamnya tidak banyak yang hilang.

Sebelumnya saya sudah konfirmasi ke pak suami bahwa selama puasa kita akan makan aneka sayuran rebus, Alhamdulillah pak suami setuju, karena memang beliau pola makannya lebih terjaga dari saya 😂.  Alhamdulillah Rafdan juga seneng-seneng aja makannya, apalagi saat disuapi saya selalu cerita tentang kandungan gizi dan manfaat dari sayuran yang sedang dimakan. Alhasil makannya lebih lahap karena sambil dengerin cerita sayuran.


Gambar diatas adalah salah satu menu aneka sayuran rebus yang disajikan selama bulan puasa.

Bahan:
  1. Brokoli
  2. Buncis
  3. Wortel
  4. Labu Siam
Cara Membuat:
  1. Kupas sayuran, potong sesuai selera lalu rendam dalam air garam selama 10-15 menit, bilas dengan air mengalir lalu tiriskan. 
  2. Rebus air hingga mendidih, lalu masukkan sayuran, masukkan dari sayuran yang lebih keras terlebih dahulu. 
  3. Jangan rebus sayuran terlalu lama, disesuaikan dengan selera, angkat dan tiriskan. 
  4. Aneka sayuran siap untuk dinikmati
Setelah mencoba menu aneka sayuran rebus, ternyata enak juga di lidah, jadi tahu rasa alami sayuran, apalagi direbusnya juga tidak terlalu lama jadi masih ada rasa kres kres saat dimakan. 

Setelah tadi saya sharing alternative menu lauk dan sayur selama puasa, saya juga mau sharing manfaat dari salah satu sayur yang tiga hari ini dikonsumsi yaitu labu siam. 

Manfaat Labu Siam yang saya kutip dari portal Hellosehat adalah sebagai berikut:

  1. Mengandung asam folat (Vitamin B9) yang sangat bagus untuk membantu memenuhi nutrisi ibu hamil.
  2. Labu siam mengandung sedikit kalori dan tidak mengandung kolesterol, jadi sangat baik disantap untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh 
  3. Membantu mengontrol tekanan darah karena memiliki sifat diuretik yang ringan
  4. Memiliki kandungan zat besi, sehingga baik dikonsumsi untuk penderita anemia
  5. Mengandung vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan. Antioksidan sendiri adalah zat yang dapat membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. 
  6. Labu siam juga bermanfaat untuk mencegah kanker karena kandungan antioksidan flavonoid poli felonik yang terdapat didalamnya dapat mengikat radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. 
Wah, ternyata labu siam sangat bermanfaat jika dikonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan, apalagi jika digabungkan dengan manfaat dari sayuran lainnya.. Semoga dapat menjaga kesehatan keluarga kita.. Aamiin

Selamat memasak untuk keluarga tercinta

#ibu bercerita 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengurus Roya Sendiri

Alternatif Kuliner Sekitaran Jombang - Pondok Aren

NHW Pra Bunda Sayang #Adab Menuntut Ilmu dan Code of Conduct