Mie Rebus.. Alternatif Masakan Sehat dan Mudah untuk Sarapan


Assalamualaikum, apa kabar pembaca blog Ibunarafdan? Semoga kita semua senantiasa tercurah dengan nikmat sehat yaa.. Aamiin

Di hari Kamis rasa Sabtu yang cerah ceria ini, saya ingin membuat sarapan yang segar bagi keluarga, tapi maunya yang praktis dan tidak ribet hehe, setelah menimbang dan meminta pendapat pak suami tercinta, akhirnya pilihan jatuh pada mie rebus 😎.

Setelah menentukan menu yang akan dimasak, langkah selanjutnya adalah belanja ke tukang sayur untuk membeli bahan-bahan yang diperlukan. Saya jarang menyetok sayur mayur, lebih senang yang segar. Alhamdulillah di daerah tempat tinggal saya ada beberapa tukang sayur yang berjualan dan lokasinya berdekatan sehingga dapat ditempuh dengan berjalan kaki, jadi bisa mendapatkan sayur yang masih segar setiap harinya.

Setelah membeli sayuran, langkah selanjutnya adalah persiapan. Potong-potong sayuran, lalu rendam dalam air yang diberi garam selama beberapa menit.  Untuk tomat saya rendam utuhan alias belum dipotong. Setelah itu buang air rendaman dan bilas sayuran dengan air bersih.

Setelah sayuran siap tinggal dimasak deh.. Oh iya untuk tomat saya biasa membuang bijinya terlebih dahulu baru kemudian dipotong-potong.

Berikut resep mie rebus ala ibunarafdan (untuk takaran bumbu saya biasa menggunakan feeling hehe)

Bahan:
  1. Mie Telur (saya pake merek mie telur cap 3 ayam warna kuning karena mie-nya tipis, sesuai dengan selera keluarga kami)
  2. Kol
  3. Tomat merah 2 buah
  4. Daun Bawang
  5. Telur omega 3 (saya pakai 2 butir)
  6. Sosis keju 1 buah (saya pakai merek Bulaf karena klaim produsen bahwa produknya bebas pengawet, pewarna, dan MSG)
  7. Kecap manis (saya pakai merek "cap benteng yang sudah mendapat sertifikat halal MUI)
  8. Kecap ikan (saya pakai merek "cap ikan merah" yang sudah ada SH MUI)
  9. Saos tiram (saya pakai merek "Lee kum kee panda brand" yang sudah memiliki SH MUI)
  10. Gula, garam, dan merica
Bumbu yang dihaluskan:
Bawang merah, bawang putih, dan kemiri 

Cara membuat:
  1. Tumis bawang merah, bawang putih, dan kemiri yang telah dihaluskan dengan sedikit minyak goreng. Setelah aroma harumnya keluar, masukkan telur dan diorak-arik.
  2. Setelah telur matang, masukkan kol, aduk hingga rata lalu masukkan air secukupnya (disesuaikan dengan keinginan apakah ingin berkuah banyak atau sedikit) kemudian besarkan apinya.
  3. Setelah mendidih, masukkan tomat, sosis, dan daun bawang lalu aduk.
  4. Kecilkan api lalu tambahkan kecap ikan, saos tiram, dan kecap manis secukupnya sambil diaduk. Setelah merata, masukkam merica, dan sedikit gula.
  5. Terakhir masukkan garam dan koreksi rasa.
  6. Setelah semua mendidih, masukkan mie yang sudah direbus, aduk sebentar hanya agar mie tercampur rata (jangan terlalu lama karena membuat mie menjadi lembek) kemudian matikan api.
  7. Mie rebus siap dihidangkan dan disantap bersama keluarga.. hmm yummy
Nah, setelah tadi saya sharing tahap persiapan dan cara membuatnya, sekarang saya share biaya yang dikeluarkan untuk membuat mie rebus, berikut rinciannya:
  1. Mie telur (saya pakai 1/2) Rp 2.000,-
  2. Kol Rp 2.000,-
  3. Tomat 2 buah Rp 2.000,-
  4. Daun Bawang Rp 1.000,-
  5. Telur omega 3 (2 butir)  Rp 3.200,-
  6. Sosis keju  1 buah +- Rp 5.000,-
  7. Bawang putih, bawang merah, dan kemiri +- Rp 2.000
  8. Gula, garam, merica, saos tiram, kecap ikan, dan kecap manis  +- Rp 2.000
Total biaya yang dikeluarkan untuk membuat mie rebus untuk 3 porsi adalah kurang lebih Rp 19.200,- Murah dan mudah untuk membuat sarapan sehat bagi keluarga bukan 😃.

Selamat memasak untuk keluarga tercinta..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengurus Roya Sendiri

Alternatif Kuliner Sekitaran Jombang - Pondok Aren

NHW Pra Bunda Sayang #Adab Menuntut Ilmu dan Code of Conduct