Membuat Rencana Kegiatan dan Persiapan Menyambut Ramadhan (Edisi 1)

Assalamualaikum pembaca blog ibunarafdan? Apa kabarnya? Semoga senantiasa tercurah dengan nikmat sehat yaa..aamiin.

Alhamdulillah pekan depan kita akan memasuki bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah, rahmat, dan ampunan.

Dalam rangka menyambut Bulan Ramadhan, tentunya masing-masing keluarga melakukan persiapan agar puasanya lancar dan amal ibadahnya maksimal.

Nah persiapan yang dapat kita lakukan sebelumnya adalah:
  1. Persiapan Program Kebaikan
  2. Persiapan Keuangan
  3. Persiapan Dapur

Tulisan kali ini akan membahas tentang persiapan program kebaikan yang juga meliputi persiapan keuangan yaa.

Sebelum berjuang mengerjakan amal saleh dan melawan hawa nafsu di Bulan Ramadhan, maka terlebih dahulu dahulu siapkanlah perbekalan. Siapkanlah diri kita dengan ilmu dan melakukan perencanaan hal kebaikan apa yang akan kita lakukan selama bulan suci Ramadhan.

Yuk kita coba tulis satu persatu
  1. Persiapan Program Kebaikan
Bulan Ramadhan adalah bulan dimana semua amal kebaikan dibalas berlipat ganda. Oleh karena itu, agar kebaikan yang dilakukan dapat maksimal buatlah perencanaan terlebih dahulu agar menyemangati kita dalam mensukseskan program yang telah kita rencanakan. Program kebaikan sendiri meliputi program pribadi dan keluarga.

a. Program Ibadah Pribadi
Buatlah target hal-hal yang akan kita lakukan di bulan Ramadhan seperti:
  • Mengikuti Shalat Tarawih 
  • Khatam Al Qur'an minimal 1 juz
  • Shalat Dhuha setiap hari
  • Membaca Al Matsurat minimal 1x sehari
  • Shalat Sunah Rawatib
  • Perbanyak Zikir
  • Berkata yang baik atau diam

b. Program Keluarga
Buatlah program kebaikan yang akan keluarga kita lakukan. Berikut adalah contoh program keluarga yang dapat kita lakukan:

  • Zakat Maal
Zakat Maal adalah Zakat Harta atau zakat yang dikeluarkan atas kekayaan yang kita miliki. Meliputi di dalamnya adalah Zakat penghasilan. Untuk lebih jelasnya silahkan baca disini.

  • Zakat Fitrah
Pengertian Zakat Fitrah yang saya kutip dari website  Global Zakat adalah zakat yang harus ditunaikan bagi seorang muzakki yang telah memiliki kemampuan untuk menunaikannya. Zakat fitrah adalah zakat wajib yang harus dikeluarkan sekali setahun yaitu saat bulan ramadhan menjelang idul fitri. Pada prinsipnya, zakat fitrah haruslah dikeluarkan sebelum sholat idul fitri dilangsungkan. Hal tersebut yang menjadi pembeda zakat fitrah dengan zakat lainnya.


Zakat fitrah berarti menyucikan harta, karena dalam setiap harta manusia ada sebagian hak orang lain. Oleh karenanya, tidak ada suatu alasan pun bagi seorang hamba Allah yang beriman untuk tidak menunaikan zakat fitrah karena telah diwajibkan bagi setiap muslim, laki-laki maupun perempuan, orang yang merdeka atau budak, anak kecil atau orang dewasa. Ini perkara yang telah disepakati oleh para ulama.

  • Program Wakaf Al Qur'an
Selama bulan Ramadhan, biasanya beberapa masjid akan melakukan program wakaf Al Qur'an. Kita dapat ikut serta didalamnya dengan memberikan sejumlah dana atau sudah dalam bentuk Al Qur'an.

  • Program Tebar Kurma
Program tebar kurma bisa dipersiapkan sejak sebelum Ramadhan, belilah kurma sesuai target yang diinginkan dan bagikanlah setiap hari kepada masjid yang kita lewati untuk dijadikan makanan pembuka puasa bagi jama’ah masjid tersebut.
Program tebar kurma terinspirasi dari Hadits Riwayat Tirmidzi. Hal ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan dari Zaid bin Khalid Al Juhanny, ia berkata bahwa Nabi SAW bersabda, ''Barangsiapa memberi buka (makan) orang yang berpuasa, maka ia memperoleh pahala seperti pahala orang yang berpuasa tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang yang berpuasa itu.

  • Program Tebar Mukena
Jika memiliki kelonggaran rezeki, Belilah beberapa potong mukena baru dan berikanlah kepada orang tua kita. Kemudian jika ada kelebihan, sedekahkan kepada masjid atau musholla yang sekiranya ramai dikunjungi oleh para musafir seperti musholla yang terletak stasiun ataupun masjid yang berada di pinggir jalan. Jika kita memiliki prinsip “saya mau bersedekah tanpa diketahui orang lain” cukup letakkan saja mukena tersebut ditempat dimana mukena masjid/musholla biasa diletakkan.

  • Program Memberi Makan Orang yang berbuka puasa.
Di Masjid-masjid biasanya akan diadakan program berbuka puasa bersama, kita bisa ikut berpartisipasi dalam bentuk uang atau makanan.

Setelah merencanakan program kebaikan yang akan dilaksanakan, kita dapat melakukan persiapan antara lain:

A. Persiapan program ibadah pribadi dapat dilakukan dengan melatih diri kita untuk mulai konsisten melakukan ibadah, dimulai dari shalat tepat waktu, setiap hari membaca Al Qur'an, dll sehingga diharapkan saat bulan Ramadhan tiba kita sudah terbiasa dan tinggal memacu speed saja.

B. Persiapan program keluarga dilakukan dengan:
  1. Membuat budget khusus Zakat Maal dan Zakat Fitrah
  2. Membuat budget khusus untuk program tebar kurma, tebar mukena, wakaf, dan memberi makan orang yang berpuasa.
  3. Membeli kurma dan mukena sebelum Ramadhan tiba sehingga saat Ramadhan tinggal eksekusi program dan kita bisa fokus pada program ibadah pribadi.
Rencana sudah dibuat, persiapan sudah dilakukan, semoga Allah memudahkan dan memberikan kelancaran agar ibadah Ramadhan kita kali ini lebih baik dari sebelumnya dan kita semua lulus dengan predikat cumlaude sehingga kembali suci di hari yang Fitri. Aamiin ya rabbal'alamiin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengurus Roya Sendiri

Alternatif Kuliner Sekitaran Jombang - Pondok Aren

NHW Pra Bunda Sayang #Adab Menuntut Ilmu dan Code of Conduct