Belajar Mengenali Kecerdasan Anak..

Menurut Howard Gardner kecerdasan
seseorang dibagi menjadi 8, yaitu:

  1. Kecerdasan Logis Matematis
  2. Kecerdasan Bahasa
  3. Kecerdasan Musikal
  4. Kecerdasan Visual Spasial
  5. Kecerdasan Kinestetik
  6. Kecerdasan Interpersonal
  7. Kecerdasan Intrapersonal
  8. Kecerdasan Naturalis
Setiap anak itu unik, memiliki kecerdasan masing-masing sehingga PR saya dan pak suami sebagai orangtua Rafdan adalah melihat dan memahami kira-kira kelebihan anak dimana sih..

Setiap anak itu unik sehingga saya berketetapan hati untuk tidak membandingkannya dengan anak lain.

Hal yang saya lakukan adalah melihat, memahami, mengasah, dan jika sudah saatnya nanti mengembangkan.

Sebagai contoh, seperti balita lelaki pada umumnya, Rafdan tertarik kepada hal-hal yang bersifat fisik seperti lari, lompat, tendang, dan lempar. Kalau lari cepat sekali, saya aja kalah kalau adu lari 😂, kalau menendang bola juga sangat kuat.

Baru-baru ini, saya sempat berdiskusi dengan pak suami mengenai apakah sudah bisa Rafdan diikutkan ke klub bola.. Setelah berdialog, akhirnya kami menemukan jalan tengah "diikutkan trial saja dulu" lainnya nanti, sebab di usianya yang masih balita ko kayaknya kasian jika harus berhadapan dengan "sesuatu" yang tersistem dan terstruktur.

Sebagai contoh, jadwal latihan yang sama, berarti anak dituntut untuk "selalu" hadir pada jam yang ditentukan.. hmm, saya berfikir sepertinya masih terlalu dini, apalagi Rafdan juga belum bersekolah formal.

Menurut saya, semua ada waktunya.. mungkin nanti jika Rafdan sudah mulai sekolah, sudah bisa adaptasi dengan jadwal, sudah mulai nyaman dengan sebuah sistem dan struktur berarti sudah saatnya kami sebagai orang tua naik ke tahap mengasah dan mengembangkan kecerdasannya.

Untuk saat ini, saya masih menikmati tahap melihat dan memahami kecerdasan pada Rafdan sembari mengasahnya lewat permainan dan hal-hal disekitar..

#ibu belajar

Disclaimer: tulisan ini merupakan opini pribadi penulis berdasarkan pengalaman yang dialami..







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengurus Roya Sendiri

Alternatif Kuliner Sekitaran Jombang - Pondok Aren

NHW Pra Bunda Sayang #Adab Menuntut Ilmu dan Code of Conduct