Asian Games 2018, Pesta Olahraga Pemersatu Bangsa


Sumber gambar : kompas.com

"Beri Aku Sepuluh Pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia." -Bung Karno-

Saat ini Indonesia menjadi tuan rumah sebuah pesta olahraga bergengsi tingkat dunia yang diadakan setiap 4 tahun sekali, yaitu Asian Games  ke 18 yang berlangsung pada tanggal 18 Agustus 2018 - 02 September 2018.

Mengambil Lokasi Jakarta dan Palembang, Indonesia menjadi tuan rumah untuk yang kedua kalinya setelah tahun 1962 pada Asian Games ke 2.

Saat menyaksikan siaran pembukaan Asian Games ke 18 pada tanggal 18 Agustus 2018, entah kenapa hati ini sangat terenyuh. Hebat dan terorganisir. Salut kepada kinerja panitia penyelenggara.

Gelora Bung karno yang dihias dengan sangat megahnya, sebagai penanda bahwa Indonesia adalah tuan rumah yang siap sedia menyambut para tamu, perwakilan dari 45 negara Asia (untuk Korea Selatan dan Korea Utara bergabung menjadi satu, yaitu Negara Korea).

Tari Ratoh Jaroe yang sangat memukau, dipentaskan secara apik oleh 1600 penari dari 18 SMU, menunjukkan salah satu kebudayaan Indonesia yang sangat indah kepada dunia, sebagai langkah dalam #MenujuIndonesiaMaju.

Satu per satu cabang olahraga dipertandingkan, selalu ada cerita dibalik Indahnya Pesta Olahraga Asian Games 2108 . Dari total 40 cabang olahraga dengan 462 nomor event yang diperlombakan, Indonesia meraih 31 medali emas, 24 medali perak, dan 43 medali perunggu. Sehingga membuat Indonesia menduduki peringkat keempat dari 45 Negara Asia. Sebuah prestasi yang membanggakan sebagai langkah dalam #MenujuIndonesiaMaju.

Kutipan pidato Bung Karno diatas menjadi bukti, bahwa pemuda dapat mengguncangkan dunia. Memiliki para atlet yang berjuang mengharumkan nama bangsa di pentas dunia sekelas Asian Games 2018.

Asian Games tidak hanya menjadi sebuah pesta olahraga, tetapi sebagai sarana pemersatu bangsa, melihat pertandingan olahraga yang mendebarkan, harap-harap cemas akan perjuangan para atlet. warga negara Indonesia, tanpa mempedulikan status, pangkat, jabatan, kekayaan, semua ikut bergabung memeriahkan euforia Asian Games.

Banyak moment berkesan dari Asian Games, kisah perjuangan para atlet, seperti yang saya kutip dari beberapa sumber, salah satunya adalah artikel Asian Games 2018 itu Indah pada website resmi Setkab 

1. Medali pertama yang diperoleh Indonesia adalah dari pertandingan wushu, yaitu medali perak, yang dipersembahkan oleh Atlit Edgar Xavier Marcelo.

2. Medali Emas pertama diperoleh Indonesia dari pertandingan taekwondo putri. Medali ini dipersembahkan oleh Atlit Defia Rosmaniar setelah menang dengan meraih 8690 poin saat melawan Irak.

3. Indonesia menjadi juara umum pada cabang olahraga pencak silat, dari 16 nomor yang dipertandingkan, Indonesia meraih 14 buah medali emas dan 1 buah medali perunggu. Sebuah prestasi yang fantastis.

Tidak hanya dari segi perolehan medali, dua buah medali emas yang dipersembahkan pada cabang olahraga pencak silat adalah bukti, dukungan keluarga adalah motivasi terbaik yang ditunjukkan oleh Atlet Iqbal Chandra dan Sarah Monita yang merupakan pasangan suami istri dan sama-sama mempersembahkan medali emas bagi Indonesia.

4. Seperti dilansir dari website pikiranrakyat.com, Medali emas terakhir yaitu, medali emas ke 31 diperoleh Indonesia dari nomor pertandingan Sepak Takraw Putra yang diselenggarakan di Palembang. Setelah menang dengan skor akhir 2-1 saat melawan Jepang, para atlet Sepak Takraw Putra resmi mempersembahkan medali emas terakhir untuk Indonesia. Keseluruhan Cabang Sepak Takraw sendiri memperoleh total 5 medali, yaitu 1 buah medali emas, 2 buah medali perak, dan 2 buah medali perunggu.

Asian Games tidak hanya menggoreskan kisah heroik para atlet, tetapi juga mengabadikan kisah haru seperti yang saya rangkum dari berbagai sumber meliputi:

1. Kisah perjuangan atlet bulutangkis Anthony Sinisuka Ginting saat bertanding melawan Shi Yuqie dari China. Saat set ketiga, Anthony tidak dapat melanjutkan pertandingan dikarenakan kram kaki yang melanda. Sebuah perjuangan yang tidak mudah, melawan rasa sakit hebat yang melanda saat menghadapi pertandingan sekelas Asian Games.

2. Moment paling mengharukan dipertunjukkan oleh Atlet pencak silat putra  yaitu Hanifan Yudani Kusuma setelah memenangkan medali emas. Dalam balutan bendera merah putih, ia mendatangi bapak Prabowo Subianto selaku Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia lalu memeluknya, dan kemudian Hanifan mendatangi Presiden Indonesia Bapak Joko Widodo untuk menyalaminya. Tanpa bisa diduga, Hanifan berhasil menyatukan  bapak Prabowo dan bapak Jokowi dalam sebuah pelukan hangat bertabur kebahagiaan atas medali emas yang diraih dibawah balutan bendera merah putih.

Momen tersebut sangat mengharukan, melupakan sejenak hingar bingar politik 2019, mempersatukan Indonesia dalam sebuah euforia pesta olahraga Asian Games.

Asian Games 2018 tidak hanya merupakan pesta olahraga dunia biasa, tetapi ia juga menjadi bukti bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah dalam pesta perhelatan olahraga Asia, tidak hanya sebagai tuan rumah, Indonesia juga mampu menorehkan prestasi luar biasa dengan menjadi urutan keempat dari 45 negara.

Asian Games 2018 akan ditutup pada closing ceremony nanti malam pukul 19.00. Indonesia akan menutup pesta olahraga terbesar pada tahun ini dengan menorehkan sebuah kenangan manis, sebagai tuan rumah sekaligus prestasi membanggakan yang dipersembahkan oleh para pemuda Indonesia. Atlet putra dan putri Indonesia.

Pesta Olahraga Asian Games 2018 sebentar lagi akan usai, tetapi semangat dan perjuangan para atlet, pemuda dan pemudi Indonesia akan terus dikenang, sebagai langkah untuk Menuju Indonesia Maju.

-Selesai-

Sumber Referensi:

https://www.asiangames2018.id

https://lipsus.kompas.com/pestaasia/read/2018/08/29/17314068/emas-pencak-silat-asian-games-2018-bikin-jokowi-dan-prabowo-berpelukan

https://m.detik.com/sport/sport-lain/3657812/ini-dia-40-cabang-olahraga-asian-games-2018-jakarta-palembang

https://m.detik.com/sport/sport-lain/4188354/kantongi-14-emas-indonesia-juara-umum-pencak-silat-asian-games

http://www.pikiran-rakyat.com/olah-raga/2018/09/01/timnas-sepak-takraw-putra-persembahkan-emas-asian-games-2018-429587

http://setkab.go.id/asian-games-2018-itu-indah/

http://jakarta.tribunnews.com/2018/08/31/daftar-lengkap-nama-atlet-indonesia-peraih-medali-asian-games-2018-emas-terbanyak-sepanjang-sejarah?page=2







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengurus Roya Sendiri

Alternatif Kuliner Sekitaran Jombang - Pondok Aren

NHW Pra Bunda Sayang #Adab Menuntut Ilmu dan Code of Conduct