5 Kuliner Khas Solo Yang Wajib Dicoba

Kota Surakarta atau yang lebih dikenal dengan Kota Solo adalah sebuah kota di Jawa Tengah yang terkenal dengan wisata budaya dan aneka kuliner yang memanjakan lidah.
Jika kamu berkesempatan mampir ke Solo, jangan lupa cobain 5 kuliner ini dears,

1. Selat Solo

Sumber gambar: www.liputan6.com

Selat Solo adalah sejenis masakan daging has dalam yang dibumbui dan berkuah encer, disajikkan dengan telur rebus dan aneka sayuran seperti wortel, kentang, buncis, selada, tomat, dan tak ketinggalan mayonaise yang menambah kesegaran rasanya.
Selat Solo merupakan perpaduan  masakan Jawa yang identik dengan rasa manis dan masakan eropa. Wajib dicoba kalau ke Solo ya dears.

2. Timlo

Sumber gambar: detik travel

Timlo merupakan sejenis masakan berkuah yang terdiri dari sosis solo, telur, ati ampela.
Sosis pada timlo bukan seperti sosis yang kita kenal selama ini lho dears, melainkan sejenis telur dadar yang berisi daging cincang, dikenal dengan nama sosis solo.
Rasanya segar banget lho, apalagi ditambah perasan jeruk nipis dan sambal kecap, hmm yummy, jangan lupa cobain ya dears.

3. Nasi Liwet
Nasi liwet adalah nasi yang dimasak dengan santan, mirip seperti nasi uduk, tetapi bahan pelengkapnya berbeda. Nasi liwet Solo disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam, telur rebus, dan areh yang menjadi ciri khasnya, yaitu semacam bubur gurih yang dibuat dari kelapa.

4. Tengkleng
Bagi kamu penggemar daging kambing, jangan lewatkan makanan ini ya dears.
Tengkleng adalah masakan sejenis gulai yang berbahan utama tulang kambing, tetapi kuahnya lebih encer, tetapi adapula tengkleng yang dijual dengan sedikit kuah.

5. Setup Makaroni
Setup makaroni adalah masakan solo yang dipengaruhi oleh budaya Eropa. Terbuat dari makaroni yang direbus hingga empuk dan disajikan bersama kuah susu dan ditaburi keju. Rasanya gurih dan segar, jangan lupa cobain jika kamu berkunjung ke Solo.

So dears, jangan lupakan 5 kuliner diatas kalau kamu jalan-jalan ke Kota Solo yaa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengurus Roya Sendiri

Alternatif Kuliner Sekitaran Jombang - Pondok Aren

NHW Pra Bunda Sayang #Adab Menuntut Ilmu dan Code of Conduct