Tongseng Ayam Ala Ibunarafdan


Assalamualaikum,  apa kabar pembaca blog Ibunarafdan? Semoga  senantiasa tercurah dengan nikmat sehat yaa.. Aamiin

Kali ini saya mau cerita tentang menu makan malam kami semalam, ceritanya saya kepengen tongseng. Nah berhubung ga suka daging kambing akhirnya bikin tongseng ayam aja karena udah punya stok ayam juga dirumah.

Resep saya adaptasi dari blog JTT dengan beberapa modifikasi yaitu penambahan santan, takaran bumbu, dan lupa pake daun bawang 😂. 

Berikut budget untuk membuat tongseng ayam ala Ibunarafdan (saya buat 2 versi pedas dan tidak pedas untuk Rafdan):

  1. Ayam 1/2 ekor: Rp 20.000,- (ayamnya saya blansir dan dibilas air bersih)
  2. Tomat 2 buah: Rp 2.000,-
  3. Kol: Rp 2.000,-
  4. 1/2 butir kelapa parut: Rp 5.000,-
  5. Bumbu dapur: Rp 2.000,-
  6. Lainnya: +- Rp 5.000,-
Jadi total untuk membuat 2 versi tongseng ayam untuk kami sekeluarga adalah +- Rp 36.000,- lebih hemat dan insya Allah bahan-bahan yang digunakan terjamin 😊. 

Note: untuk membuat 2 versi tongseng,  pertama saya tumis semua bumbu, masukkan ayam, tumis sampai bumbu meresap, setelah itu pindahkan beberapa potong ayam ke panci lainnya.  Lalu tambahkan cabe iris, tumis, masukkan air, santan, tambah gulgamer dan kecap lalu masak hingga mendidih (langkah yang sama untuk versi tidak pedas). 

#selamat berkreasi di dapur
#ibu belajar


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengurus Roya Sendiri

Alternatif Kuliner Sekitaran Jombang - Pondok Aren

NHW Pra Bunda Sayang #Adab Menuntut Ilmu dan Code of Conduct